Masalah Lemah Jantung

Masalah lemah jantung terjadi apabila kemampuan jantung tidak lagi berfungsi dengan normal atau menurunnya kemampuan yang jantung miliki. Tugas utama jantung ialah memompa darah ke seluruh organ tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan di paru-paru. Kemampuan otot jantung melaksanakan tugas tersebut berangsur-angsur menurun sejalan dengan pertambahan usia.  Penurunan kemampuan ini akan semakin mencolok bila ada keadaan lain yang turut mempengaruhi fungsi otot jantung tersebut. Misalnya infeksi otot jantung.selaput otot (miokarditis/perikarditis), berkurangnya oksigen karena penyempitan pembuluh darah yang menyuplainya (penyakit jantung koroner), bertambahnya  massa otot kakrena meningkatnya  tekanan jantung (hipertensi) dan lain-lain.

Hipertensi akan mengubah struktur/morfologi otot jantung dan berangsur-angsur akan mengurangi kemampuan elastisitasnya. Tekanan akhir relaksasi jantung turut menigkat, sehingga menyulitkan arus balik dari paru-paru memasuki serambi kiri jantung.  Cairan di paru-paru akan mudah merembes ke kantong-kantong udara, sehingga timbul sesak napas yang termasuk gejala penyakit jantung lemah. Dengan demkian, paru-paru turut menjadi rentan terhadap peningkatan tekanan darah (disstolik) di jantung. Dalam keadaan seperti ini, bila tekanan darah tiba-tiba melonjak tinggi, dapat terjadi suatu kegawatan pada jantung yang mengakibatkan masalah lemah jantung dan paru akibat perembesan cairan dalam jumlah besar dan meluas ke hampir seluruh kantong-kantong udara dalam paru-paru.

Pasien akan mengeluh sesak napas. Lebih lega mengambil posisi duduk atau setengah tidur, karena bila berbaring cairan di paru-paru akan menempati hampir seluruh ruang ventilasi udara. Frekuensi jantung meningkat untuk mengkompensir berkurangnya isi sekuncup agar curah jantung  pada penyakit jantung lemah semenit dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karena itu, orang yang mempunyai masalah lemah jantung pada awalnya timbul gejala seperti:

–         Keluhan pasien lekas capek,

–         Mengalami batuk-batuk sampai sesak napas berat,

–         Batuk yang disertai dengan debaran jantung yang semakin lama semakin kencang.

–         Pasien merasa tidak kuat atau tidak sanggup untuk berjalan jauh.

–         Jantung berdebar dengan tiba-tiba.

–         merasakan pusing yang sangat kuat.

Untuk memastikan apakah benar ada masalah lemah jantung pada diri anda atau tidak sebaiknya anda memeriksakan atau konsultasi dengan dokter tentang penyakit jantung lemah. Apabila anda seorang yang sudah berusia sekitar 40 tahun keatas, ditambah dengan adanya riwayat tekanan darah tinggi, ada baiknya anda untuk selalu ritun mengecek kesehatan anda ke dokter. Untuk menghindari munculnya masalah jantung lemah diharapkan anda hindari kenaikan tekanan darah tinggi dalam tubuh anda dengan membatasi memakan makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah. Atau anda juga dapat menghilangkan sedikit demi sedikit garam dalam makanan anda sehari-hari dan menghindari stress berlebih, dan lain sebagainya.

Pada gulirannya bula gangguan fungsi diastolic berjalan terus, fugsi sistolik menyusul terganggu. masalah lemah jantung akan menjadi semakin nyata. Biasanya arus balik ke jantung makin terbendung sehingga timbul pembengkakan pada kedua tungkai. Tekanan darah dalam tubuh amda yang biasanya tinggi, kini menjadi normal bahkan sampai dengan rendah, bergantung pada berat tingginya lemah jantung yang anda derita.  Demikian dengan sesak napas mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Ada pengelompokkan yang mendapatkan empat klasifikasi fungsional masalah lemah jantung (heart failure). Klasifikasi fungsional tersebut antara lain:

  1. Kalisifikasi yang pertama dengan melakukan aktivitas yang berat baru akan timbul sesak napas.
  2. Klasifikasi yang kedua pada saat anda melakukan pekerjaan sehari-hari tak dapat anda laksanakan dengan baik karena anda mudah merasakan capek sampai merasakan sesak napas.
  3. Klasifikasi yang ketiga, saat anda akan melakukan aktivitas ringan yangb sering anda lakukan dalam rumah pun tidak mampu untuk anda lakukan dan telah menimbulkan sesak napas sebelum anda sempat melakukannya.
  4. Klasifikasi yang keempat, meski anda sedang dalam keadaan istirahat pun anda akan tetap merasakan sesak napas.

Keadaan lain yang turut memberatkan perjalanan masalah lemah jantung ini ialah penyakit jantung koroner. Dalam keadaan kekurangan (deficit) suplai oksigen ke otot jantung akibat penyempitan pembuluh koroner, enersi yang tersedia diprioritaskan untuk fungsi sistolik terlebih dahhulu. Dengan kata lain kehabisa enersi untuk relaksasi. Fungsi diastolic makin terganggu dan makin melemahkan fungsi jantung.

Mengingat penderita telah lanjut usia, dan telah lama mengidap penyakit hipertensi , maka besar kemungkinan lemah jantng dialami diperberat oleh penyakit jantung koroner sebagai penyakit penyerta.

Penyebab Munculnya Masalah Lemah Jantung

adalah keadaan jantung yang tidak mampu untuk memompa darah dalam tubuh yang cukup untuk ke seluruh anggota badan anda. Penyebab tersebut terdiri dari:

–         fungsi jantung yang rusak akibat penyakit jantung lemah,

–         tekanan darah tinggi,

–         penyakit jantung lemah yang dapat menyebabkan lemahnya aliran darah seperti anemia,

–         kelemahan pengisian jantung,

–         gangguan kedupan pada jantung anda.

Penyakit jantung lemah dapat dicegah dengan cara:

1. Melakukan olahraga ringan selama 30 menit dengan rutin yang tepat untuk memulihkan masalah lemah jantung yang anda derita.

2. Untuk anda yang memiliki berat badan yang abnormal akan membuat anda sulit menjauh dari penyakit jantung lemah. Untuk membantu memperkuat jantung anda sebaiknya anda menjaga berat badan anda untuk tetap ideal.

3. Mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol dalam darah anda.Demi kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya batasi konsumsi makanan berlemak tinggi tidak lebih dari 10 persen kalori perhari anda.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Lemah and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *