Penyakit Lemah Jantung

Penyakit lemah jantung menandakan bahwa penderitanya berpotensi terkena serangan jantung. Penyakit jantung lemah adalah penyakit yang menyrang manusia dimana kekuatat pada jantung sudah tidak mampu untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot-otot jantung terus bekerja tanpa henti sehingga jantung berpotensi menjadi aus seiring berjalannya waktu dan kemampuan kinerja jantung terancam menurun seiring berjalanya usia seseorang ditambah dengan latar belakang penyakit lain yang diderita.

Penyakit jantung lemah juga dipengaruhi oleh beberapa gangguan seperti:

- Gangguan fungsi diastolik

Sebagai bagian dari salah satu penyakit lemah jantung. Penyakit darah tinggi yang mendasari penyakit lemah jantung juga dapat menyebabkan sturktur otot jantung melemah dan akan mengurangi kemampuan elastisitasnya. Kondisi seseorang yang memiliki penyakit jantung lemah akan bertambah parah, apabila terjadi penekanan darah secara tiba-tiba naik sehingga timbul sesak napas dan juga batuk-batuk. Gangguan fungsi diastolik dapat terjadi karena infrak miokard akut dan kardiomiopati. Yang dimaksud dengan infrak miokard akut ini adalah terjadinya kematian pada otot jantung karena penyumbatan pada arteri koroner. otot jantung yang tidak tersuplai darah akan mengalami kerusakan dan kematian mendadak. Sedangkan kardiomiopati adalah rusaknya otot jantung yang menyebabkan dinding jantung tidak bergerak dengan sempurna dalam menyedot dan memompa darah. Penderita penyakit jantung lemah kardiomiopati ini akan beresiko terkena aritma dan gagal jantung mendadak.

- Gangguan fungsi sistolik

Terjadi jika adanya pembengkakan karena aliran darah ke jantung terhambat. Tekanan darah semakin tak terprediksi atau terkendali. Gangguan penyakit lemah jantung ini disebabkan karena adanya kelainan pada katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mengendalika arah aliran darah dalam jantung. Kelainan katup jantung dapat mengganggun aliran darah karena pengecilan, kebocoran, atau tidak mampunya menutup dengan sempurna. Kelainan katup pada penyakit jantung lemah ini terjadi sebagai bawaan sejak lahir atau karena infeksi dan efek samping pengobatan.

Penyakit antung lemah juga dapat mengakibatkan munculnya penyakit lain seperti jantung koroner.

Gejala umum yang diderita oleh penderita penyakit lemah jantung antara lain:

  1. Jantung yang sering berdebar tanpa ada penyebab yang jelas,
  2. Berkeringat dingin, mudah kaget serta lelah.
  3. Wajah penderita penyakit jantung lemah juga terlihat sembab.
  4. Ditambah lagi, perut yang membuncit.
  5. Susah untuk tidur malam atau yang kita sering kenal dengan insomnia, dan bahkan terkadang penderita penyakit jantung yang lemah ini tidur dalam keadaan duduk
  6. Adanya pembengkakan yang terjadi pada kaki dan pergelangan kaki.

Penyakit jantung lemah tidak akan muncul pada diri anda apabila tidak ada penyebabnya. Penyebab munculnya penyakit jantung ini karena:

  1. Gangguan degupan atau detak jantung dan penyakit lainnya yang mampu membuat aliran darah dalam tubuh melemah seperti penyakit anemia.
  2. Pola makan termasuk pola hidup anda tang tidak sehat dan muncul faktor psikologis tekanan batin atau stress yang berlebihan.
  3. Pengomatan terhadap penyakit dan dampak dari obat yang dikonsumsi. Serta adanya micro organisme seperti infeksi bakteri dan jamur.
  4. Terjadi kelebihan tekanan pada jantung yang mengakibatkan serangan jantung. Dan terdapat penyekatan yang terjadi pada aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis.
  5. Adanya faktor keturunan yang menyebabkan anda mengidap penyakit jantung ini. Faktor keturunhan tidak dapat ditolak oleh anda ataupun orang lain. Jika salah satu dari anggota keluarga anda seperti orang tua atau kakek nenek yang pernah mengalami penyakit jantung maka bisa jadi penyakit yang anda derita berasal dari riwayat penyakit jantung dari keluarga anda.
  6. Keadaan darah juga dapat menjadi salah satu penyebab penyakit jantung lemah yang anda derita saat ini. Jika anda memiliki tekanan darah yang tinggi akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan tubuh yang dapat berpengaruh juga dengan kesehatan jantung anda.

Cara paling sederhana untuk meminimalisir penyakit lemah jantung adalah dengan:

  1. Mengurangi konsumsi garam yang anda campurkan dengan makanan anda sehari-hari.
  2. Menghentikan kebiasaan merokok yang mempu menyebabkan penyakit jantung.
  3. Mulai mengkonsumsi antioksidan yang mampu membantu mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh yang ditimbulkan dari asap rokok ataupun asam kendaraan bermotor. Asupan antioksidan dapat anda peroleh dari macam-macam buah dan sayur untuk mencegah penyakit jantung lemah.
  4. Berolahraga kurang lebih selama 30 menit setiap hariuntuk menurunkan resiko penyakit lemah jantung sekitar 30%.  Dan menghindari stress yang anda rasakan setelah seharian bekerja.
  5. Cukup dengan menjaga tekanan darah anda agar tetap stabil pada angka 115/75 akan membantu anda mengurangi resiko penyakit jantung pada diri anda. Cara yang mudah dengan rutin olahraga supaya lemak dalam perut berkurang, apabila lemak perut berkurang maka tekanan darah dalam tubuh anda pun akan berkurang dengan sendirinya tergantung lemak dalam perut yang anda bakat pada saat olahraga tadi.
  6. Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya. Buah dan sayur yang mengandung serat akan mampu menjaga kesehatan tubuh anda seperti buah jeruk, kiwi, anggur, alpukat dan sayur bayam.

Terima kasih untuk waktu anda yang telah membaca artikel tentang penyakit lemah jantung ini. Semoga dengan mengetahui gejala, penyebab, dan cara pencegahannya dapat berguna untuk anda dan kita semua yang memputuhkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil menghilangkan resiko terserang penyakit jantung.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Lemah and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>